Elementor Page Builder: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Penggunaannya — Tiara Tia - A Lifestyle and Review Blog

Elementor Page Builder: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Penggunaannya

Untuk membuat sebuah blog atau website baru, salah dua dari kebutuhan yang harus diperhatikan adalah membeli paket hosting serta melakukan setting pada desain website tersebut. Iya, membuat tampilan yang menarik pada wesbite sangatlah penting untuk kebutuhan personal branding ataupun usaha online. Nah, salah satu cara tercepat untuk membuat website WordPress dengan desain memukau adalah dengan menggunakan page builder, seperti Elementor.

FYI, Elementor merupakan page builder atau tools untuk mengatur dan mendesain website secara langsung. Tools ini menyediakan fitur-fitur desain halaman tingkat tinggi yang sangat powerful. Walaupun begitu, penggunaannya juga cukup mudah sehingga dapat membantu siapa pun, termasuk pemula, untuk membuat website dengan mudah, praktis, dan cepat.



elementor






Mengenal Elementor




Page builder satu ini mengusung konsep drag-and-drop yang dapat digunakan di sistem manajemen konten (CMS) WordPress. Dengan Elementor, pengguna WordPress dapat dengan mudah merancang desain untuk setiap halaman di situs website tanpa memerlukan pengetahuan mendalam tentang CSS atau HTML.

Dengan Elementor, pengguna dapat menempatkan berbagai elemen website seperti teks, video, galeri, dan spacer sesuai dengan keinginan mereka. Tools ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk mengubah tampilan setiap halaman di situs website, termasuk posting, jenis posting kustom, dan halaman, tanpa terikat oleh desain bawaan.

Sebagai tools desain front-end, Elementor dapat digunakan untuk mengatur website dengan memberikan preview yang sama seperti tampilan akhir yang dilihat oleh pengunjung. Dengan kemudahan yang diusungnya, kita tidak memerlukan keahlian khusus dalam HTML atau PHP untuk menggunakan tool ini. Cukup kreativitas yang dibutuhkan untuk menghasilkan desain yang sesuai dengan keinginan.




Keunggulan Elementor




Keunggulan dari Elementor sebagai plugin tambahan untuk WordPress tergolong cukup beragam. Ada berbagai elemen yang dapat ditambahkan dengan bantuan page builder ini, sebut saja heading, teks, spacer, gambar. Bahkan hingga elemen lain seperti accordion, tabs, menu anchor, toggle, dan lain sebagainya.


elementor


Kita juga dapat mengubah tampilan sesuai keinginan dan kebutuhan, bahkan hingga detail yang tidak tersedia dalam tema WordPress biasa. Tersedia pula beberapa opsi untuk menyesuaikan tampilan pada tiga jenis layar berbeda, yaitu mobile, tablet, dan desktop. Dengan page builder satu ini, semua update yang kita lakukan akan tercatat dengan baik, yang akan memudahkan kita bila ingin mengembalikan tampilan ke versi sebelumnya hanya dengan sekali klik. Versi lisensi gratisnya pun memiliki fitur yang cukup lengkap bila dibandingkan dengan plugin pembuat laman lain.




Cara Penggunaan Elementor




Ada beberapa tahap yang perlu diketahui dalam penggunaannya, antara lain: kita perlu melakukan instalasi dengan membuka menu "Plugins" dan lanjut ke "Add New" di WordPress. Selanjutnya, cari kata kunci "Elementor" di kolom pencarian dan klik "Install Now" dan setelah selesai, klik "Activate".

Setelah aktif, akan tampil menu "Elementor" di dashboard. Klik "Edit with Elementor" untuk memulai pengeditan dan gunakan tombol "Library" untuk memilih template yang diinginkan. Lalu klik "Insert" dan mulai sesuaikan konten dan elemen. Untuk mulai dari kanvas kosong, klik tombol "+” dan pilih struktur halaman yang diinginkan. Berikutnya, isi halaman dengan section dan tambahkan elemen dari library. Setelah selesai, kita bisa menyimpan sebagai draft, template, atau langsung dipublikasikan.



Nah, setelah melakukan transfer domain dan membeli paket hosting, Elementor memang menjadi tools yang powerful untuk membuat website kita menjadi jauh lebih ciamik. Silakan dicoba sendiri untuk membuktikannya, temans. Selamat mencoba.. ^^

Komentar

back to top